Program Unggulan

Program Internasional

Hibah Transfer Kredit Luar Negeri KEMENRISTEKDIKTI

 Hibah transfer kredit adalah hibah yang diberikan oleh DIRJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, program ini dilaksanakan secara rutin 1 kali dalam setahun. Suatu hal yang sangat disyukuri oleh program studi tahun 2017 Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Sari Mulia berhasil memperoleh hibah transfer kredit ini.

Program Hibah Transfer Kredit yang kemudian lebih familiar dengan nama programInternational Student Exchange ini juga merupakan tindak lanjut dari MOA yang telah disepakati oleh St. Paul University Philippines dan Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Program ini dilaksanakan pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan di Semester VII.

Mahasiswa menjalankan proses pembelajaran semester VIII di St. Paul University Philippines sesuai dengan mata kuliah yang harus dituntaskan pada kurikulum yang ada pada Program studi sarjana keperawatan. Adapun matakuliah yang diselenggarakan yaitu: Keperawatan Kritis (2 SKS), Keperawatan Gawat Darurat Multisistem (2 SKS) dan Pre Ners Gadar dan Kritis II (3 SKS) selama 3 bulan sejak tanggal 30 Oktober 2017-25 Januari 2018.

Selain penuntasan mata kuliah disemester VIII, pada program ini juga dilaksanakan seminar atau pelatihan dengan tujuan untuk menunjang peningkatan keterampilan mahasiswa khususnya di bidang keperawatan. Selain itu juga diharapkan program-program lain dapat dilaksanakan untuk memaksimalkan kegiatan selama mahasiswa berada disana.

Program Student Exchange Mahasiswa Keperawatan

Program International Cultural Immersion Universitas Sari Mulia Banjarmasin to St.Paul University Philippines

Program International Cultural immersion ini dilaksanakan dengan tujuan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung dan membuka wawasan mahasiswa dalam perkembangan keperawatan secara internasional.Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pencapaian visi dan misi program studi serta menindaklanjuti MoU dan MoA.   Program ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan semester 8 ataupun Mahasiswa Program Studi Ners di semester 2 yang dilaksanakan sebagai salah satu syarat pemenuhan mata kuliah Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis. Program ini dilaksanakan kurang lebih 1 bulan dengan kegiatan Akademik seperti; kegiatan pembelajaran di kelas, Labskill, dan Praktek Lapangan, kegiatan non akademik seperti; Intensif Bahasa Inggris, BLS ACLS Training, Team Building Activities, Cultural Night (Pentas Seni), Observasi Praktik Keperawatan di Komunitas, City Tour.

Program International Cultural Immersion St.Paul University to Universitas Sari Mulia Banjarmasin

 Program International Cultural Immersion merupakan program yang dilaksanakan oleh mahasiswa program sarjana keperawatan Universitas Sari Mulia dengan St. Paul University  mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan pembelajaran lapangan khususnya dibidang keperawatan komunitas serta managemen kesehatan rumah sakit.

Program International Cultural Immersion ini dilaksanakan oleh Universitas Sari Mulia Banjarmasin sebagai host; Peserta dalam program ini adalah 11 orang mahasiswa program Master Degree dengan 1 orang pembimbing, mahasiswa yang mengikuti program ini memiliki peminatan pada Primary Health Care. Program International Cultural Immersion ini dilaksanakan Selama 5 hari mulai tanggal 06 – 10 Agustus’2017 dengan program akademik dan non akademik seperti perkuliahan mata kuliah komunitas, praktek lapangan, Visit Department of Health, Visit STIKES Suaka Insan Banjarmasin, Visit Puskesmas, Visit Village and Sharing Program of Community Nursing, Visit of gerontologycommunity and City Tour.

Program Sertifikasi

Program Sertifikasi perawat ICU Dasar dan BCLS di Santosa International Hospital Bandung Central (SHBC)

Program sertifikasi perawat ICU dasar dan BCLS ini merupakan program sertifikasi yang pada umumnya dapat diikuti oleh perawat profesional dengan syarat pengalaman kerja minimal 2 tahun. Dengan adanya kerjasama yang di ajukan antara Universitas Sari Mulia Banjarmasin dan pihak rumah sakit maka disepakati sebagai aplikasi dari kerjasama yang diajukan Santosa Hospital Bandung Central sebagai pelaksana kegiatan pelatihan Perawat ICU Dasar dan Alumni program studi Profesi Ners,Universitas Sari Mulia sebagai peserta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Pelatihan dilaksanakan di Santosa Hospital Bandung Central selama kurang lebih satu setengah bulan dengan kegiatan selama 1 mnggu pemberian materi, 4 minggu praktek lapangan diruangan ICU, HCU dan CVCU, 1 minggu Pelatihan BCLS dan Evaluasi. Peserta dalam pelatihan ini sejumlah 52 orang; 38 Orang Alumni program studi Ners Universitas Sari Mulia, 1 dosen keperawatan Kritis Universitas Sari Mulia, 2 orang perawat ICU RS Jampang Kulon, 1 Orang Perawat ICU RS Subang, 2 Orang Perawat ICU RS. Santosa Bandung Koppo dan 8 Orang Perawat ICU, PICU, Intermediate Santosa Hospital Bandung Central. Pemateri dalam Kegiatan pelatihan ini adalah Dokter Spesialis, Dokter Anestesi, konsultan ICU, Ketua HIPPERCI Indonesia, PPNI Jawa Barat, sedangkan instructure dalam kegiatan Pelatihan ICU Dasar serta BCLS adalah seluruh Tim Code Blue Santosa Hospital Bandung Central.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *