PENUTUPAN PRAKTIK STASE KEPERAWATAN KOMUNITAS, GERONTIK DAN JIWA DI UPT PUSKESMAS RAWAT INAP ALABIO KAB. HULU SUNGAI UTARA

Pada hari jumat, 26 agustus 2022 bertempat di wilayah UPT Puskesmas Rawat Inap Alabio Kabupaten Hulu Sungai Utara, Program Studi Profesi Ners Universitas Sari Mulia Banjarmasin melakukan pelaksanaan penutupan stase keperawatan Komunitas, Gerontik dan Jiwa. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan puskesmas alabio bapak Rahmadani, S.Kep.Ners beserta clinical instructur dan perwakilan dari Program Studi Profesi Ners Bapak Rian Tasalim, Ns.,M.Kep dan Bapak Subhannur Rahman, Ns.,M.Kep.

Dalam sambutannya, Bapak Ramadhani selaku perwakilan UPT Puskesmas Alabio mengatakan dalam Millenium Development Goals (MDGs), tahun 2025 diharapkan masyarakat memiliki kemampuan dalam menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu dan memperoleh jaminan kesehatan. Pelayanan kesehatan bermutu yang dimaksud adalah pelayanan kesehatan dalam keadaan apapun termasuk dalam keadaan darurat dan bencana. Pelayanan kesehatan tersebut harus memenuhi kebutuhan masyarakat dan terselenggara sesuai dengan standar dan etika profesi. Oleh sebab itu, dibutuhkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan profesional yang dapat berperan sebagai konsultan, pengembang, pemikir, perencana, penggerak, dan pelaksana pembangunan kesehatan yang memadai baik dalam jenis, jumlah, dan jenjang pendidikannya.

Tenaga kesehatan merupakan setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan melalui pendidikan di bidang kesehatan. Tenaga kesehatan juga memiliki kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan sesuai dengan keilmuan yang didalami. Tenaga kesehatan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan masyarakat mampu untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat. Sehingga derajat kesehatan masyarakat akan meningkat dan menjadi investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produkif secara sosial dan ekonomi.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *