EDUKASI & PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR ORANG AWAM DI SMAN 3 BANJARMASIN

Bantuan Hidup Dasar merupakan serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung (cardiacarrest). Bantuan Hidup Dasar (BHD) perlu diberikan kepada masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama yang benar dan tepat.

Hal yang bisa terjadi jika pertolongan pertama yang tidak tepat dan terlambat maka akan meningkatkan resiko kesakitan dan kematian. Adapun rangkaian aktivitas edukasi BHD untuk awam yang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan di SMAN 3 Kota Banjarmasin adalah dengan menggunakan manekin, melakukan kegiatan 3A (aman penolong, aman korban dan aman lingkungan) sebagai awalannya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Juli sd Agutus 2023 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada orang awam tentang BHD yang benar sesuai dengan prosedur. Kegiatan pengabdian ini juga diikuti beberapa perwakilan siswa yang aktif sebagai keanggotaan PMR di SMAN 3 Kota Banjarmasin.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *