PENINJAUAN VISI MISI DAN PEMUTAKHIRAN KURIKULUM PROGRAM STUDI KEPERAWATAN DAN PROFESI NERS

Jurusan keperawatan selalu berusaha untuk menciptakan lulusan perawat yang profesional dan kompeten di bidangnya. Hal ini tentunta dimulai dengan merancang, merumuskan dan mengimplementasikan Kurikulum Pendidikan Program Profesi sesuai dengan panduan Kurikulum AIPNI tahun 2021. Di dalam kurikulum program profesi terdapat 3 (tiga) pilar penyusun kompetensi yaitu Knowledge (Ilmu/Pengetahuan), Skill (Keterampilan) dan Attitude (Sikap). Penguasaan ketiga pilar tersebut dilakukan melalui serangkaian pendidikan/pelatihan yang mengacu pada standar kurikulum yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, jurusan keperawatan berinisiatif untuk melakukan workshop penyusunan rancangan kurikulum guna mengakomodir ketentuan kurikulum inti AIPNI tahun 2021 dan kebutuhan pasar bebas ASEAN.

Kurikulum Pendidikan Program Profesi senantiasa ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan karena bersifat dinamis, adaptif, akomodatif dan kontekstual dengan perkembangan jaman dan kebutuhan. Kurikulum dan pembelajaran yang dilakukan pada Pendidikan Program Profesi harus mampu mempersiapkan sumber daya professional agar siap berkompetisi secara nasional dan regional seperti di kawasan MEA sesuai dengan 5 domain kompetensi standar perawat ASEAN meliputi praktik berdasarkan legal etik dan peka budaya, praktik keperawatan professional, kepemimpinan dan managemen, pendidikan dan penelitian, dan pengembangan kulaitas personal dan professional.

Workshop ini dirancang untuk institusi pendidikan yang ingin mengembangkan kurikulum pendidikan profesi di level pendidikan diklinik. Karena dalam workshop ini peserta akan belajar : Memahami konsep kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan KKNI pada Pendidikan Profesi, Pengembangan Modul Pembelajaran di klinik, Konsep dan penerapan Student Center Learning (SCL) di pendidikan profesi, Taxonomi Pembelajaran, Teknik Evaluasi dan Assessment. Workshop akan disampaikan dalam format kuliah tatap muka, working group, dan presentasi.

Workshop Pengembangan Visi Keilmuan dan Kurikulum diselenggarakan dengan memperhatikan, Prinsip Adult-Learning, Prinsip Student Center Learning (SCL), Berbasis Competence Based & Belajar Secara Mandiri (Self-directed Learning). Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk tersusunnya visi keilmuan yang baru dan pemutakhiran kurikulum sesuai dengan kebutuhan pasar, VMTS Universitas dan Fakultas Kesehatan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, unggul dan berdaya saing ditingkat wilayah, nasional dan ASEAN.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, yakni pre workshop mulai tanggal 22 mei-23 mei 2023 dengan kegiatan perumusan VMTS bersama stakeholder, user dan alumni. Kemudian dilanjutkan kembali kegiatan workshop pada tanggal 25 mei-26 mei 2023 bersama narasumber ibu Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes dari Universitas Gadjah Mada.

Peserta dari kegiatan ini adalah semua dosen keperawatan baik yang di S1 Keperawatan maupun di Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Semua dosen sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *