DEMI MEMPERSIAPKAN LULUSAN YANG BERKUALITAS DOSEN KEPERAWATAN UNISM MENGIKUTI PELATIHAN PENGUJI OSCE DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

OSCE (Objective Structured Clinical Examination) sebagai salah satu metode uji kompetensi Bidang Keperawatan telah dirintis secara Nasional sejak Tahun 2012. Lembaga Akreditasi Mandiri PT Bidang Kesehatan (LAM PT-Kes) memasukan CBT dan OSCE dalam unsur penilaian penting program studi.

Pelatihan OSCE (Objective Structured Clinical Examination) Nasional telah diadakan secara luring bagi Tenaga Pendidik (Dosen) selama 3 hari pada tanggal 18-21 maret 2023, bertempat di Ruang Kuliah Besar (RKB) Gedung Aula Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Salah satu institusi yang mengikuti kegiatan ini  berasal dari Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia Banjarmasin.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam melakukan evaluasi pembelajaran baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa dalam meningkatkan daya saing di dunia kerja nantinya.  Terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber, diantaranya; Konsep dan Kebijakan tentang OSCE, Blueprint Uji Kompetensi Metode OSCE, Standar Profesi: KMK 2020, Manajemen Penyelenggaraan OSCE, Teknik Penyusunan Soal dan Review Soal OSCE, Penetapan Nilai Batas Kelulusan (Standar Setting), Penguji OSCE, Pelatih Klien Standar, Briefing Peserta Uji, Komponen Uji, Kesiapan Ruangan OSCE Center.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *