Kegiatan Seminar Asuhan Keperawatan Stase KDP TA 2022/2023 di RSUD ULIN Banjarmasin.

Praktik Keperawatan Dasar Profesi (KDP) merupakan bagian awal dari rangkaian proses Pendidikan Ners tahap profesi yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa pada tatanan klinik di rumah sakit. Kemampuan yang dicapai selama program akan menjadi dasar kemampuan di mata kuliah tahap profesi selanjutnya. Setelah menjalani praktik KDP, mahasiswa diharapkan mampu menentukan gangguan pemenuhan kebutuhan dasar, dan melaksanakan tindakan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan klien dan keluarga dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.

Keperawatan Dasar Profesi difokuskan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar mampu bersikap dan bertindak sebagai perawat profesional. Kemampuan yang dimaksud adalah: kemampuan melakukan analisis gangguan kebutuhan dasar klien dan keluarga, bersikap caring disetiap kesempatan memberikan asuhan keperawatan, membina hubungan interpersonal kepada klien dan keluarganya, memberikan asuhan saat klien dan keluarga mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan dasar.

Selain itu stase KDP memiliki beban SKS sebanyak 2 SKS dan lama Praktik Lapangan 3 Minggu yang dilaksanakan di RSUD ULIN Banjarmasin sejak tanggal 19 September 2022 – 8 Oktober 2022. Kegiatan Seminar Asuhan Keperawatan Stase KDP merupakan salah satu syarat kelulusan pada stase tersebut yang merupakan tugas kelompok dalam pemberian Asuhan Keperawatan berfokus pada Pasien Center Care. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring yang dihadari oleh Clinical Instruktur ruangan dan Clinikal Teacher dari kampus pendidikan UNISM.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *