MAHASISWA KEPERAWATAN MENGIKUTI SELEKSI PERLOMBAAN KN-MIPA TINGKAT WILAYAH

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Pusat Prestasi Nasional yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik. Pelaksanaan kompetisi ini diharapkan terintegrasi dari mulai jenjang Pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah Kampus Merdeka. Globalisasi telah mengubah tatanan hubungan antar negara-negara di dunia. Hanya negara dengan sumber daya manusia berkualitas yang menguasai Iptek yang mampu bertahan dalam kompetisi barang maupun jasa di pasar dunia.

Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA).  Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi,  MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat.

Pemerintah melakukan upaya pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan MIPA yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa. Pusat Prestasi Nasional telah menyelenggarakan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KN MIPA-PT) dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi yang mulai dirintis pada tahun 2009.

Pelaksanaan KN-MIPA Tahun 2021 dilakukan dalam tiga tahap seleksi. Tahap I di tingkat perguruan tinggi, Tahap II tingkat wilayah dikoordinasikan dengan LLDIKTI dan Seleksi tingkat Nasional.

Universitas Sari Mulia Banjarmasin pada tanggal 23 juni – 24 juni 2021 mengikuti proses seleksi tingkat wilayah dengan jumlah peserta sebanyak 10 peserta yang berhasil lolos ditingkat perguruan tinggi di UNISM. Salah satu mahasiswa keperawatan yang berhasil mengikuti atas nama Ahmad Habibi yang mengikuti lomba KN-MIPA bidang biologi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *