Oral Presentasi di kegiatan Rapat Tahunan Aipni secara Daring

Oral Presentasi Hasil Penelitian yang diketuai oleh Yunina Elasari, Ns., M.Kep dengan anggota Prof. Dra. Elly Nurachmah, M. App. Sc, D.N.Sc. dan Yustan Azidin, Ns., M.Kep dengan judul Hubungan Dimensi Patient-Centered Care dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat inap RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan dimensi patient- centered care yang terdiri dari 8 dimensi yaitu: menghormati nilai- nilai, pilihan, dan kebutuhan yang disampaikan pasien; koordinasi dan integrasi asuhan; informasi, komunikasi, dan edukasi; kenyamanan fisik; dukungan emosional dan penurunan rasa takut dan kecemasan; keterlibatan keluarga dan teman; asuhan berkelanjutan dan transisi yang lancar; serta akses terhadap layanan dengan kepuasan pasien.

Dimensi asuhan berkelanjutan dan transisi yang lancar merupakan dimensi yangboalin berhubungan dengan kepuasan pasien.

Hasil ini merekomendasikan agar pihak manajemen keperawatan dapat meningkatkan pelaksanaan dimensi patient-centered care melalui sosialisasi, supervisi berkala, dan penilaian kinerja sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas layanan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *