Pengabdian Masyarakat”Patient-Centered Care in Culture Care – Leininger”

Pengabdian Masyarakat Culture Care merupakan Pengabdian yang diangkat dari mata kuliah dalam kurikulum AIPNI 2016 yakni “sosiologi dan budaya dalam keperawatan” dan pengabdian ini mengacu pada visi misi universitas dan program studi bahwa pengabdian ini mengembangkan nilai potensi kekayaan local khususnya Patient-Centered Care in Culture Care – Leininger

Pengabdian Culture Care ini dilaksanakan pada TA. 2018/2019 Ganjil, tanggal 15 Oktober 2018 s.d 13 Desember 2018,ditempat wilayah Banjarmasin, pengabdian ini atas kerjasama antara mahasiswa keperawatan (seluruh mahasiswa angkatan IX), para dosen keperawatan, dukun atau orang pintar dan Dosen Pengembang RPS “sosiologi dan budaya dalam keperawatan” (M.Sobirin Mohtar,Ns.,M.Kep).

Tema pengabdian yang sudah terlaksana dan akan menjadi program berkelanjutan:
1. Pelatihan cara Pemeriksaan Gejala serangan jantung dengan Relaxation & Distraction Technique bagi ahli Cabut angin di Kelurahan Pemurus       Kecamatan Baru Banjarmasin Timur (M.Sobirin Mohtar,Ns.,M.Kep & Riduansyah,Ns.,M.Kep)
2. Pelatihan penggunaan kompres dingin pada pasien nyeri otot pada ahli pijat khas budaya banjar dikecamatan banjarmasin timur (Rifa’atul Mahmudah,Ns.,MSN & Onique Ayu Dhea Manto,Ns.,M.Kep)
3. Penggunaan Alat Pelindung Diri Dan Penanganan Limbah Medis Dalam Budaya Bekam Di Pondok Sehat Al-Wahida Bekam Sunnah Dan Ruqyah Center Banjarmasin (Dini Rahmayani,Ns.,MPH & Paul Joae Brett Nito,Ns.,M.Kep)
4. Pelatihan Tentang Cara Mengukur Suhu Tubuh Dan Kompres Efektif Pada Anak Dengan Demam Bagi Ahli Pidara Di Trisakti Kecamatan Banjarmasin Barat (Umi Hanik Fetriyah,Ns.,M.Kep & Malisa Ariani,Ns.,M.Kep)
5. Pengajaran Penurunan Suhu Tubuh Pada Balita Dengan Pendekatan Metode Budaya Melabuh Di Banua Anyar Kec. Banjarmasin Timur (Angga Irawan,Ns.,M.Kep & Muhammad Basid, Ns.,MM)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *